Analisis Faktor-Faktor Kualitas Pelayanan dan Pengaruhnya Terhadap Kepuasan Penumpang KRL Ekspres di Stasiun Lenteng Agung

Jayadi, Jayadi and Yesica, Wiliana (2011) Analisis Faktor-Faktor Kualitas Pelayanan dan Pengaruhnya Terhadap Kepuasan Penumpang KRL Ekspres di Stasiun Lenteng Agung. Jurnal Pengembangan Wiraswasta, 13 (3). pp. 308-318. ISSN 1411-710X

[img] Text (Jurnal Nasional)
3. Artikel Jurnal JPW_Dec 2011-JAD.pdf - Published Version

Download (3MB)
Official URL: http://ejurnal.stieipwija.ac.id

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah : 1) Untuk mengetahui faktor-faktor kualitas pelayanan apa saja yang dapat mempengaruhi kepuasan penumpang KRL Ekspres di stasiun Lenteng Agung; 2) Untuk mengetaltui seberapa besar kontribusi faktor-faktor kualitas pelayanan terhadap kepuasan penumpang KRL Ekspres di stasium Lenteng Agung. Penelitian ini melibatkan reponden sebanyak 65 orang yang diambil dengan teknik accidental sampling dari jumlah penumpang tetap rata-rata sebanyak 80 orang yang sehari­ harinya menggunakan jasa transportasi kereta api di stasiun Lenteng Agung. Teknik analisis diolah dengan bantuan software SPSS . Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Faktor-faktor kualitas pelayanan yang meliputi tangible, reliability, responsiveness, dan assurance secara parsial berpengaruh signifikan terhadap kepuasan penumpang KRL Ekspres di stasiun Lenteng Agung, sedangkan faktor pelayanan emphaty tidak berpengaruh signifikan terhadap kepuasan penumpang KRL Ekspres di stasiun Lenteng Agung; 2) Ada pengaruh yang signifikan secara simultan faktor-faktor kualitas pelayanan yang meliputi tangible, reliability, responsiveness, assurance dan emphaty terhadap kepuasan penumpang KRL Ekspres di stasiun Lenteng Agung sebesar 57,7%. Faktor-faktor kualitas pelayanan yang meliputi 5 dimensi mampu memberikan kontribusi (sumbangan) efektif dimulai yang paling dominan adalah assurance sebesar 38,34%, tangible sebesar 9,60%, reliability sebesar 5,49% , disusul responsiveness sebesar 3,62% dan yang terakhir emphaty sebesar 0,72% terhadap kepuasan penumpang KRL Ekspres di stasiun Lenteng Agung.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Kualitas pelayanan dan Kepuasan penumpang
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Management
Depositing User: Jayadi .
Date Deposited: 16 Jul 2020 04:55
Last Modified: 16 Jul 2020 04:55
URI: http://repository.stieipwija.ac.id/id/eprint/10

Actions (login required)

View Item View Item