PENGARUH MOTIVASI DAN LINGKUNGAN KERJA TERHADAP KINERJA K ARYAWAN P T.TELKOM INDONESIA TBK–DIVISI WHOLESALE SERVICE BAGIAN CUSTOMER CARE

ENDANG KUSMANA, Penulis and Drs. Setiadi, MM, Pembimbing (2015) PENGARUH MOTIVASI DAN LINGKUNGAN KERJA TERHADAP KINERJA K ARYAWAN P T.TELKOM INDONESIA TBK–DIVISI WHOLESALE SERVICE BAGIAN CUSTOMER CARE. Perpustakaan STIE IPWI JAKARTA, JAKARTA.

[img] Text
ENDANG KUSMANA FULL DOC.pdf

Download (1MB)

Abstract

Motivasi dan lingkungan kerja merupakan dua dari faktor yang diduga relatif besar dalam mempengaruhi kinerja pegawai PT Telkom Indonesia Divisi Wholesale Service bagian Customer Care. Untuk membuktikan pengaruh keduanya maka dilakukan penelitian ini dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh motivasi dan lingkungan kerja terhadap kinerja karyawan dan kinerja PT Telkom Indonesia Divisi Wholesale Service bagian C ustomer Care.Populasi dalam penelitian ini adalah karyawan PT Telkom Indonesia Divisi Wholesale Service bagian C ustomer Caresebanyak 43orangpada margin error 5%. Dikarenakan jumlah populasi kurang dai 100 orang, sehingga sampel ditujukan kepada semua karyawan PT Telkom Indonesia Divisi Wholesale Service bagian Customer Care. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode kuesioner (angket) dan dokumentasi. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis deskripsi persentase dan regresi linier berganda. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh persamaan regresi linier berganda Y= 3.831 + 0,768X1+ 0,325X2. Dengan menggunakan SPSS 16 Hasil Hipotesis uji F menunjukkan F hitung = 121.846dengan nilai signifikansi = 0,000 < 0,05 yang berarti H3berbunyi “Ada pengaruh signifikan motivasi dan lingkungan kerja terhadap kinerja karyawan PT Telkom Indonesia Divisi Wholesale Service bagian Customer Care” diterima. Sedangkan dari uji Hipotesis secara parsial (uji t) diperoleh t hitung dari variabel motivasisebesar 3.440, t hitung variabellingkungan kerja sebanyak 3.083dimana probabilitasX10,002 <0.05 dan X20,004 < 0,05maka hipotesis diterima. Koefisien determinasi (Adjusted RSquare) sebesar 0,870, hal ini berarti 87% kinerja karyawan PT Telkom Indonesia Divisi Wholesale Service bagian Customer Caredipengaruhioleh motivasi dan lingkungan kerja, sedangkan sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang berada di luar variabel yang diteliti dalam penelitian ini. Kesimpulan bahwa motivasi masuk dalam kategori baik, lingkungan kerja masuk dalam kategori baik, dan kinerja karyawan PT Telkom Indonesia Divisi Wholesale Service bagian C ustomer Caremasuk dalam kategori baik. Motivasi memiliki pengaruh terhadap kinerja karyawan dengan kontribusi sebesar 26.94%. Lingkungan kerja memiliki pengaruh terhadap kinerja karyawan dengan kontribusi sebesar 21,62%. Motivasi dan lingkungan kerja secara bersama-sama memiliki pengaruh terhadap kinerja karyawan dengan kontribusi87%. Saranyang dapat diberikan dalam penelitian ini adalah apabila perusahaan mengalami surplus pendanaan, dapat diberikan untuk meningkatkan variable motivasi dalam bentuk Insentive atau bonus untuk meningkatkan kinerja karayawandikarenakan memberikan kontribusi sebesar 26,94%dan bagi penliti selanjutnya dapat meneliti dari 13% (100% -87%) diluar variable yang penulis teliti. Kata Kunci : Motivasi, Lingkungan Kerja, K inerjaKaryawan.

Item Type: Other
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Management
Depositing User: Cak im 234
Date Deposited: 13 Jul 2021 04:54
Last Modified: 13 Jul 2021 04:54
URI: http://repository.stieipwija.ac.id/id/eprint/1165

Actions (login required)

View Item View Item