TESIS : PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN REMINDER (REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION, MIND MAPPING, PROJECT BASED LEARNING) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA KELAS V SEMESTER GENAP SD KECAMATAN GUNUNG PUTRI BOGOR

Nanda, Nanda (2017) TESIS : PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN REMINDER (REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION, MIND MAPPING, PROJECT BASED LEARNING) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA KELAS V SEMESTER GENAP SD KECAMATAN GUNUNG PUTRI BOGOR. STIE IPWIJA. (Unpublished)

[img] Text (TESIS)
TESIS UPLOAD.pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Nanda Hidayati. Pengembangan Model Pembelajaran REMINDER(Realistic Mathematics Education, Mind Mapping, Project Based Learning) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Pada Siswa Kelas V Semester Genap Sd Kecamatan Gunung Putri Bogor. Tesis Program Pascasarjana Universitas Pakuan. 2017 Penelitian ini dapat digolongkan dalam penelitian Research and Development (R&D) dengan mengkolaborasikan model pembelajaran Realistic Mathematics Education, Mind Mapping, Project Based Learning. Penelitian uji coba terbatas dilakukan di SD Negeri 05 Gunung Putri dan penelitaian uji coba luas dilaksanakan di SD Islam Terpadu As-Salaam dan SD Negeri 04 Tlajung Udik. Metode yang digunakan yaitu survey dan teknik pengumpulan data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian pada uji coba terbatas di SD Negeri 05 Gunung Putri hasil belajar kognitif mencapai 82,1 % peserta didik mencapai KKM. Pada uji coba luas di SD Islam Terpadu As-Salaam hasil belajar kogntif mencapai 83,8% peserta didik mencapai KKM dan di SD Negeri 04 Tlajung Udik hasil belajar kognitf mencapai 79,4% peserta didik mencapai KKM. Hasil belajar afektif pada uji coba terbatas di SD Negeri 05 Gunung Putri mencapai 87,2 %, pada uji coba luas di SD Islam Terpadu As-Salaam mencapai 81,1 % dan di SD Negeri 04 Tlajung Udik mencapai 82,4 % peserta didik telah mencapai KKM yang telah ditetapkan yaitu B Hasil belajar psikomotor pada uji coba terbatas di SD Negeri 05 Gunung Putri mencapai 84,6 %, pada uji coba luas di SD Islam Terpadu As-Salaam mencapai 78,4 % dan di SD Negeri 04 Tlajung Udik mencapai 79,4 % peserta didik telah mencapai KKM yang telah ditetapkan yaitu 75 atau B. Berdasarkan ha-hal tersebut, dapat disimpulkan pengembangan Model Pembelajaran REMINDER(Realistic Mathematics Education, Mind Mapping, Project Based Learning) dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik. Berdasarkan temuan penelitian dilapangan, analisis data, dan refleksi pada setiap uji coba yang dilakukan, reserach and development (R&D) menghasilkan model pembelajaran terekomendasi yaitu Model Pembelajaran REMINDER(Realistic Mathematics Education, Mind Mapping, Project Based Learning)

Item Type: Other
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: R&D, Realistic Mathematics Education, Mind Mapping, Project Based Learning
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Management
Depositing User: Nanda Hidayati
Date Deposited: 05 Sep 2021 14:45
Last Modified: 05 Sep 2021 14:45
URI: http://repository.stieipwija.ac.id/id/eprint/1538

Actions (login required)

View Item View Item