Peningkatan Minat Pembelian melalui Sosial Media dan Electronic Word of Mouth (eWOM) produk UKM

Taufik, Taufik and Asti, Eka Giovana and MERYATI, MERYATI (2021) Peningkatan Minat Pembelian melalui Sosial Media dan Electronic Word of Mouth (eWOM) produk UKM. PERPUSTAKAAN STIE IPWIJA, JAKARTA. (Unpublished)

[img] Text
Penelitian, Surat Perpustakaan dan LP2M.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Inovasi berkelanjutan dan kemampuan adaptasi dengan dinamika pasar termasuk menghadapi dampak Covid-19 menunut pelaku usaha UKM untuk berupaya tetap survive dan berkembang. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh antara variabel Sosial media (X1) dan EWOM (X2) Dengan variabel Minat pembelian (Y). Berdasarkan hasil analisis koefisien korelasi parsial variabel Sosial media (X1) dengan variabel Minat pembelian (Y) diperoleh nilai sebesar 0,827 sehingga dapat disimpulkan bahwa hasil analisis bernilai positif dan pengaruhnya sangat kuat. Adapun nilai koefisien determinasi sebesar 68,4%. Jadi variabel Sosial media (X1) mempunyai pengaruh sebesar 68,4% terhadap Minat pembelian (Y) dan sisanya 31,6% disebabkan oleh faktor-faktor yang lain. Analisis koefisien korelasi parsial antara variabel EWOM (X2) dengan variabel Minat pembelian (Y) didapat nilai sebesar 0,894 sehingga dapat disimpulkan bahwa hasil analisis bernilai positif dan pengaruhnya sangat kuat, dengan nilai koefisien determinasi 79,9%. Dengan hasil tersebut diatas dapat dikatakan bahwa variabel EWOM (X2) mempunyai pengaruh sebesar 79,9% terhadap variabel Minat pembelian (Y) dan sisanya 20,1% disebabkan oleh faktor-faktor yang lainnya. Secara simultan diperoleh nilai R sebesar 0,908 dan sedangkan nilai R Square sebesar 0,825 atau 82,5%, hasil analisa secara bersama-sama variabel independen Sosial media (X1) dan EWOM (X2) dengan variabel dependen Minat pembelian (Y) memiliki nilai positif, jadi kedua variabel independen tersebut dapat mempengaruhi variabel dependen sebesar 82,5%. Jadi kedua variabel independent (X) tersebut mempengaruhi secara signifikan terhadap variabel dependen (Y). Key words: Sosial Media, eWOM, Minat Pembelian, Produk UK

Item Type: Other
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Management
Depositing User: Meryati .
Date Deposited: 07 Sep 2021 10:26
Last Modified: 07 Sep 2021 10:26
URI: http://repository.stieipwija.ac.id/id/eprint/1551

Actions (login required)

View Item View Item