MARTONO SARAGIH, Penulis and Y .I. Gunawan, SE, MM, Pembimbing (2018) PENGARUH KUALITAS PELAYANAN MEDIS DAN INOVASI LAYANAN ADMINISTRASI TERHADAP KEPUASAN PASIEN PADA KLINIK GRACIA BOGOR. PERPUSTAKAAN STIE IPWI Jakarta, JAKARTA.
Text
Martono Saragih.pdf Download (4MB) |
Abstract
Kualitas pelayanan medis dan inovasi layanan administrasi merupakan dua dari beberapa faktor yang diduga relatif besar dalam mempengaruhi kepuasan pasien Klinik Gracia. Untuk membuktikan pengaruh keduanya maka dilakukan penelitian ini dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan medis dan inovasi layanan administrasi terhadap kepuasan pasien pada Klinik Gracia Bogor. Penelitian dilakukan di Klinik Gracia Bogor dengan mengambil 100 pasien sebagai sampel penelitian yang dihitung menggunakan rumus Slovin dari total populasi 5000 pasien pada margin error 10%. Pengambilan data dilakukan dengan instrumen kuesioner tertutup lima skala penilaian dari sangat tidak setuju sampai dengan sangat setuju. Metode penarikan sampel dengan teknik nonprobability sampling. Analisis regresi linear berganda digunakan sebagai alat analisis dan uji-F sebagai uji kelayakan model sedangkan pengujian hipotesis dilakukan dengan uji-t. Penelitian menghasilkan dua temuan utama sesuai dengan hipotesis yang diajukan, yaitu: 1) Kualitas pelayanan medis memiliki pengaruh terhadap kepuasan pasien; 2) Inovasi layanan administrasi memiliki pengaruh terhadap kepuasan pasien. Berdasarkan hasil temuan tersebut maka untuk meningkatkan kepuasan pasien disarankan agar memperbaiki kualitas pelayanan medis dan membuat inovasi pada layanan administrasi.
Item Type: | Other |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management |
Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Management |
Depositing User: | mr admin stie |
Date Deposited: | 07 Oct 2021 10:26 |
Last Modified: | 07 Oct 2021 10:26 |
URI: | http://repository.stieipwija.ac.id/id/eprint/1647 |
Actions (login required)
View Item |