PENGARUH PROMOSI, HARGA, DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN KONSUMEN DALAM PEMBELIAN PERTALITE PADA PERTAMINA

YUSUF AL AYDAROUS, Penulis and Y. I. Gunawan, SE, MM., Pembimbing (2019) PENGARUH PROMOSI, HARGA, DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN KONSUMEN DALAM PEMBELIAN PERTALITE PADA PERTAMINA. PERPUSTAKAAN STIE IPWI Jakarta, JAKARTA.

[img] Text
SKRIPSI.pdf

Download (1MB)

Abstract

Promosi, Harga, dan Kualitas Produk merupakan tiga dari beberapa faktor yang diduga relatif besar dalam mempengaruhi Keputusan Pembelian Pertalite pada Pertamina. Untuk membuktikan pengaruh ketiganya maka dilakukan penelitian ini dengan tujuan untuk mengetahui Pengaruh Promosi, Harga, dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Konsumen dalam Pembelian Pertalite pada Pertamina. Penelitian dilakukan di Pertamina Kemanggisan Utama, RT.11/RW.6, Kemanggisan, Kec. Palmerah, Kota Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 11480 dengan mengambil 100 konsumen sebagai sampel. Pengambilan data dilakukan dengan instrumen kuesioner tertutup empat skala penilaian dari sangat tidak setuju sampai dengan sangat setuju. Penelitian dilakukan secara kuantitatif yaitu dengan mendeskripsikan data penelitian dan melakukan analisis inferensi. Analisis regresi sederhana dan koefisien determinasi ganda digunakan sebagai alat analisis sedangkan pengujian hipotesis dilakukan dengan uji-t dan uji F. Data-data yang telah memenuhi uji validitas, uji reliabilitas dan uji asumsi klasik diolah sehingga menghasilkan persamaan regresi sebagai berikut: Ŷ =20.354 + 0.223.X1 + 0.092.X2 + 0.030.X3 Dimana variabel Keputusan Pembelian (Y), Promosi (X1), Harga (X2), Kualitas Produk (X3) Penelitian menghasilkan empat temuan utama sesuai dengan hipotesis yang diajukan, yaitu: 1) Promosi memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian Pertalite pada Pertamina yang ditunjukan oleh nilai koefisien regresi keputusan pembelian sebesar b1 = 0.223; 2)Harga memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian Pertalite pada Pertamina yang ditunjukan oleh nilai koefisien regresi keputusan pembelian sebesar b2 = 0.092; 3)Kualitas Produk memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian Pertalite pada Pertamina yang ditunjukan oleh nilai koefisien regresi keputusan pembelian sebesar b3 = 0.030; 4) Promosi, Harga, dan Kualitas Produk mempengaruhi keputusan pembelian yang ditunjukan oleh nilai R Square 0.249 atau 24,9%. Berdasarkan hasil temuan tersebut maka untuk meningkatkan Keputusan Pembelian disarankan agar dilakukan upaya memperbaiki Promosi, Harga, dan Kualitas Produk

Item Type: Other
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Management
Depositing User: mr admin stie
Date Deposited: 07 Oct 2021 10:26
Last Modified: 07 Oct 2021 10:26
URI: http://repository.stieipwija.ac.id/id/eprint/1659

Actions (login required)

View Item View Item