ANALISIS PENGARUH PROMOSI, KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN MEMBELI STELLA PENGHARUM (PT.MEGASARI MAKMUR)

TEJA NURANI, Penulis and Drs. Muhammad As’Ari, MM, Pembimbing (2018) ANALISIS PENGARUH PROMOSI, KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN MEMBELI STELLA PENGHARUM (PT.MEGASARI MAKMUR). PERPUSTAKAAN STIE IPWI Jakarta, JAKARTA.

[img] Text
SKRIPSI TEJA NURANI.pdf

Download (1MB)

Abstract

Promosi, Kualitas Produk merupakan dua dari beberapa faktor yang diduga relatif besar dalam mempengaruhi pembelian produk yang dilakukan oleh sebagian besar konsumen. untuk membuktikan pengaruh keduanya maka dilakukan penelitian ini dengan tujuan mengetahui pengaruh secara simultan dan parsial promosi dan kualitas produk terhadap pembelian produk Stella pengaharum ruangan yang diproduksi langsung oleh PT.Megasari Makmur, Tbk. Penelitian dilakukan di sekitar daerah Kecamatan Gunung Putri Kabupaten Bogor, populasi dalam penelitian ini adalah konsumen dan sampel diambil menggunakan teknik sampling jenuh yaitu 100 responden. Pengambilan data dilakukan dengan instrumen kuesioner tertutup lima skala penilaian dari sangat tidak setuju sampai dengan sangat setuju. Penelitian dilakukan secara kuantitatif yaitu dengan mendeskripsikan data penelitian dan melakukan analisis inferensi analisis regresi linier ganda dan persamaan linier ganda digunakan sebagai alat analisis sedangkan pengujian hipotesis dilakukan dengan uji-t dan uji-F. Penelitian menghasilkan model persamaan regresi linier ganda Y = 28.494 + 0,480X1 + 0,307X2 dengan hasil data R2 sebesar 0.672. Hal ini menunjukkan bahwa sebesar 67.2% variabel kualitas pelayanan (X1) dan kepuasan konsumen (X2) secara simultan berpengaruh terhadap loyalitas konsumen (Y), sedangkan sisanya 32.8% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini seperti lokasi, pelayanan, fasilitas, kepercayaan, penetapan harga dan persepsi harga. Dari uji-F diperoleh Fhitung> Ftabel (α 0,5) atau 28.494 > 3,35 dengan tingkat signifikan sebesar 0,000 < 0,05. Penelitian ini juga menghasilkan dua temuan utama sesuai dengan hipotesis yang diajukan, yaitu : 1) promosi memiliki pengaruh signfikan terhadap pembelian produk dengan hasil uji-t sig 0,480 > 0,05; 2) kualitas produk memiliki pengaruh signifikan terhadap pembelian dengan hasil uji-t sig 0,002 < 0,05. Berdasarkan hasil temuan tersebut maka untuk meningkatkan pembelian produk oleh konsumen disarankan agar dilakukan upaya memperbaiki promosi dan kualitas produk.

Item Type: Other
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Management
Depositing User: mr admin stie
Date Deposited: 08 Oct 2021 07:28
Last Modified: 08 Oct 2021 07:28
URI: http://repository.stieipwija.ac.id/id/eprint/1706

Actions (login required)

View Item View Item