PENGARUH PENETAPAN HARGA DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PADA CV. LASINDO

SARAH IKLIMA, Penulis and Dra. Siti Mahmudah, MM, Pembimbing (2018) PENGARUH PENETAPAN HARGA DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PADA CV. LASINDO. PERPUSTAKAAN STIE IPWI Jakarta, JAKARTA.

[img] Text
skripsi pdf sarah.pdf

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan, untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh penetapan harga terhadap kepuasan pelanggan pada perusahaan manufaktur CV. Lasindo, untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan pada perusahaan manufaktur CV. Lasindo, untuk mengetahui dan menganalisis penetapan harga dan kualitas pelayanan secara bersamaan terhadap kepuasan pelanggan pada perusahaan manufaktur CV. Lasindo. Penelitian ini dilakukan dengan mengambil para pelanggan CV. Lasindo sebagai sampel penelitian dengan menggunakan metode sensus yaitu pengambilan sampel berdasarkan pada seluruh jumlah populasi yang ada yaitu sebanyak 89 responden, yang berada di objek penelitian. Metode pengumpulan data dilakukan dengan dua cara yaitu metode observasi dan kuesioner dengan lima skala penilaian yaitu, sangat tidak setuju, tidak setuju, ragu-ragu, setuju dan sangat setuju. Penelitian dilakukan secara kuantitatif, yaitu dengan cara mendeskripsikan data-data penelitian dan melakukan analisis regresi berganda dan koefisien determinasi sebagai alat analisis sedangkan untuk pengujian hipotesis dilakukan dengan uji t dan uji F. Penelitian menghasilkan model persamaan regresi linier ganda Y = 8,632 + 0,315X₁ + 0,463X₂ dengan hasil data R Square diperoleh sebesar 0,561 atau 56,1% hal ini menunjukkan bahwa variabel penetapan harga dan variabel kualitas pelayanan secara simultan berpengaruh sebesar 56,1% terhadap kepuasan pelanggan pada CV. Lasindo sedangkan sisanya 43,9% dipengaruhi oleh faktor lain. Hasil uji t (sig t < α atau 0,000<0,05), maka H₁o ditolak dan H₁a diterima yang berarti pengaruh Penetapan Harga (X₁) terhadap Kepuasan Pelanggan (Y) secara parsial terdapat pengaruh signifikan dan hasil uji t (sig t < α atau 0,000<0,05) maka H₁o ditolak dan H₁a diterima yang berarti pengaruh Kualitas Pelayanan (x₂) terhadap Kepuasan Pelanggan (Y) secara parsial terdapat pengaruh signifikan. Dari uji F diperoleh F hitung > F tabel (54,863>3,10) pada ɑ = 5%, Sehingga variabel Penetapan Harga dan kualitas pelayanan berpengaruh signifikan secara bersamaan terhadap kepuasan pelanggan CV. Lasindo. Berdasarkan hasil temuan tersebut maka untuk meningkatkan kepuasan pelanggan disarankan agar CV. Lasindo memperbaiki penetapan harga dan meningkatkan kualitas pelayanan.

Item Type: Other
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Management
Depositing User: mr admin stie
Date Deposited: 09 Oct 2021 01:20
Last Modified: 09 Oct 2021 01:20
URI: http://repository.stieipwija.ac.id/id/eprint/1809

Actions (login required)

View Item View Item