PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN TINGKAT KEPUASAN PENGGUNA BPJS KESEHATAN TERHADAP KEPERCAYAAN MASYARAKAT

RISKI MARDIANI, Penulis and Dra. Siti Laela, MM., Pembimbing 1 and Esti Handayani, SE., MM, Pembimbing 2 (2017) PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN TINGKAT KEPUASAN PENGGUNA BPJS KESEHATAN TERHADAP KEPERCAYAAN MASYARAKAT. PERPUSTAKAAN STIE IPWI Jakarta, JAKARTA.

[img] Text
SKRIPSI.pdf

Download (2MB)

Abstract

yang diduga relatif besar dalam mempengaruhi peningkatan kepercayaan masyarakat Pengguna BPJS Kesehatan. Untuk membuktikan pengaruh keduanya maka dilakukan penelitian ini dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan dan tingkat kepuasan terhadap kepercayaan masyarakat pengguna BPJS Kesehatan. Penelitian dilakukan di RSUD Cibinong Kabupaten Bogor dengan mengambil 100 pengguna BPJS Kesehatan sebagai sampel penelitian yang dihitung menggunakan rumus Slovin dari total populasi tak terhingga pada margin error 10 %. Pengambilan data dilakukan dengan instrumen kuesioner tertutup lima skala penilaian dari sangat tidak setuju sampai dengan sangat setuju. Penelitian dilakukan secara kuantitatif yaitu dengan mendeskripsikan data penelitian dan melakukan analisis inferensi. Analisis regresi sederhana dan ganda digunakan sebagai alat analisis sedangkan pengujian hipotesis dilakukan dengan uji-t dan uji-F. Penelitian menghasilkan tiga temuan utama sesuai dengan hipotesis yang diajukan, yaitu : 1) Kualitas pelayanan memiliki pengaruh positif terhadap peningkatan kepercayaan masyarakat; 2) Tingkat kepuasan memiliki pengaruh positif terhadap peningkatan kepercayaan masyarakat; 3) Kualitas pelayanan dan tingkat kepuasan secara bersama-sama memiliki pengaruh positif terhadap peningkatan kepercayaan masyarakat. Berdasarkan hasil temuan tersebut maka untuk meningkatkan kepercayaan masyarakat disarankan agar dilakukan upaya memperbaiki kualitas pelayanan dan tingkat kepuasan pengguna BPJS Kesehatan.

Item Type: Other
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Management
Depositing User: mr admin stie
Date Deposited: 09 Oct 2021 04:47
Last Modified: 09 Oct 2021 04:47
URI: http://repository.stieipwija.ac.id/id/eprint/1896

Actions (login required)

View Item View Item