Pengaruh Bauran Produk Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Pelanggan Jasa Cuci Motor Berkah Jaya Steam Di Larangan Selatan Tangerang

Wardani, Mursida Kusuma (2021) Pengaruh Bauran Produk Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Pelanggan Jasa Cuci Motor Berkah Jaya Steam Di Larangan Selatan Tangerang. Masters thesis, STIE IPWIJA.

[img] Text (Tesis Magister Manajemen)
tesis lengkap_idha.pdf

Download (2MB)

Abstract

Perkembangan jumlah kendaraan bermotor dari tahun ke tahun meningkat secara signifikan. Fenomena tersebut disebabkan masyarakat sekarang ini lebih menyukai memakai kendaraan pribadi dari pada harus menggunakan kendaraan umum. Alasannya klasik, yaitu tidak mau repot dan kebutuhan akan transportasi pun semakin meningkat. Seperti kita ketahui tidak semua orang mau mencuci kendaraannya sendiri, apalagi orang yang bekerja seperti mereka yang tinggal di kota-kota besar. Akibat kesibukannya, mereka lebih memilih memanfaatkan jasa cuci motor dan mobil untuk membersihkan kendaraannya. Selain waktu yang tidak cukup untuk melakukan pekerjaan ini, kendala lainnya adalah kualitas hasil penyucian jika dilakukan sendiri. Selain aspek kepraktisan, jasa cuci motor dan mobil juga dapat mengatasi kendala waktu untuk membersihkan kendaraan dan dapat menambah relasi. Rumusan masalah penelitian ini yaitu 1). Apakah terdapat pengaruh bauran produk (produk mix) terhadap loyalitas pelanggan pada jasa cuci motor Berkah Jaya Steam di Larangan Selatan Tangerang; .2). Apakah terdapat pengaruh kualitas pelayanan terhadap pengaruh bauran produk (produk mix) terhadap loyalitas pelanggan pada jasa cuci motor Berkah Jaya Steam di Larangan Selatan Tangerang; 3). Apakah terdapat pengaruh antara bauran produk (produk mix) dan kualitas pelayanan terhadap loyalitas pelanggan pada jasa cuci motor Berkah Jaya Steam di Larangan Selatan Tangerang ? Jenis penelitian ini adalah kuntitatif dan kualitatif, populasi dalam penelitian ini adalah pengguna jasa cuci motor dan sampel sebanyak 100 orang dengan teknik pengambilan sampel dengan aksidental sampling, pengujian instrumen dengan uji validitas, reliabilitas, normalitas. Metode analisis data statistik dengan koefisien regresi dibantu pengolahannya dengan Program SPSS (Statistical Package for Social Sciences) Versi 13.00. Hasil penelitiannya secara parsial variabel X1 (bauran produk) berpengaruh terhadap variabel Y (loyalitas pelanggan) dan besarnya pengaruh berdasarkan hasil penelitian sebesar 18,8%, berdasarkan hasil uji t (X1) mempunyai pengaruh signifikan terhadap (Y) dimana nilai thitung lebih besar (4,760) dari ttabel (1,660), dengan demikian dapat dikatakan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima. Secara parsial variabel X2 (kualitas pelayanan) berpengaruh terhadap variabel Y (loyalitas pelanggan), dan besarnya pengaruh berdasarkan hasil penelitian sebesar 7,1%, berdasarkan hasil uji t X2 mempunyai pengaruh signifikan terhadapY dimana nilai thitung lebih besar (2,744) dari ttabel (1,660), dengan demikian dapat dikatakan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima. Secara simultan variabel X1 dan variabel X2 memiliki pengaruh kuat dan signifikan terhadap variabel Y, dibuktikan dengan R Square (R2) = 0,235, (23,5%) dan tingkat uji simultan menunjukkan Fhitung (16,227) lebih besar dari pada Ftabel (3.090).

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Management
Depositing User: Mursida Kusuma Wardani
Date Deposited: 13 Dec 2021 14:32
Last Modified: 13 Dec 2021 14:32
URI: http://repository.stieipwija.ac.id/id/eprint/2192

Actions (login required)

View Item View Item