PENGARUH KEBIASAAN PIKIRAN (HABITS OF MIND) DAN KETAHANMALANGAN TERHADAP PENGUASAAN KONSEP MATEMATIKA (Survey Pada SMP Swasta Di Kabupaten Bogor)

Pamuji Widodo, NPM : 20157270113 and Sumaryoto, Sumaryoto and Abdullah, Suparman (2017) PENGARUH KEBIASAAN PIKIRAN (HABITS OF MIND) DAN KETAHANMALANGAN TERHADAP PENGUASAAN KONSEP MATEMATIKA (Survey Pada SMP Swasta Di Kabupaten Bogor). Masters thesis, UNIVERSITAS INDRAPRASTA PGRI JAKARTA.

[img] Text
TESIS PAMUJI WIDODO.pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK A. PAMUJI WIDODO., NPM: 20157270113 B. Pengaruh Kebiasaan Pikiran (Habits of Mind) dan Ketahanmalangan terhadap Penguasaan Konsep Matematika (Survey pada SMP Swasta Kab.Bogor) C. xi + 113 Halaman + Lampiran D. Kata Kunci: “Kebiasaan Pikiran, Ketahanmalangan, Penguasaan Konsep Matematika”. E. Tujuan dari Penelitian ini adaalah untuk mengetahui pengaruh Kebiasaan Pikiran dan Ketahanmalangan Terhadap Penguasaan Konsep Matematika. Mengetahui pengaruh kebiasaan pikiran siswa terhadap penguasaan konsep matematika. Selanjutnya untuk mengetahui pengaruh stimulan kebiasaan pikiran dan ketahanmalangan terhadap penguasaan konsep matematika. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survey. Sampel penenlitian berjumlah 86 orang siswa yang berasal dari dua sekolah yaitu siswa kelas VIII SMP Bantarjati, dan SMP Smart Cibinong. Hasil penelitian menunjukkan : (1) Terdapat pengaruh langsung kebiasaan pikiran terhadap Penguasaan Konsep Matematika. Kontribusi Kebiasaan Pikiran terhadap Penguasaan Konsep Matematika sebesar 16,89%. (2) Tidak terdapat pengaruh langsung Ketahanmalangan terhadap Penguasaan Konsep Matematika. Kontribusi Ketahanmalangan terhadap Penguasaan Konsep Matematika sebesar 0,049%. (3) Terdapat pengaruh langsung Kebiasaan Pikiran terhadap Ketahanmalangan siswa yang signifikan. Kontribusi Kebiasaan Pikiran terhadap Ketahanmalangan siswa sebesar 11,35%. Dan (4) Terdapat pengaruh tidak langsung yang signifikan Kebiasaan Pikiran terhadap Penguasaan Konsep Matematika melalui Ketahanmalangan siswa. Kontribusi Kebiasaan Pikiran terhadap Penguasaan Konsep Matematika siswa melalui Ketahanmalangan siswa sebesar 0,56%. Penelitian ini dapat direkomendasikan untuk meningkatkan penguasaan konsep matematika siswa SMP dapat dilakukan dengan cara meningkatkan kebiasaan pikiran pada siswa, dan meningkatkan ketahanmalangan pada siswa dapat dilakukan dengan meningkatkan kebiasaan pikiran. F. Daftaf Pustaka: a. Buku 28 buah b. Internet G. Pembimbing: I. Prof. Dr. Sumaryoto (Pembimbing Materi) II. Dr. Suparman IA., M.Sc. (Pembimbing Teknik)

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Kebiasaan Pikiran, Ketahanmalangan, Penguasaan Konsep Matematika
Subjects: A General Works > AC Collections. Series. Collected works
Depositing User: Pamuji Wid Aji Pamuji Widodo
Date Deposited: 29 Jun 2022 08:16
Last Modified: 29 Jun 2022 08:16
URI: http://repository.stieipwija.ac.id/id/eprint/2622

Actions (login required)

View Item View Item