Triastuti, Yuli and Jayadi, Jayadi (2012) Faktor-Faktor Kompetensi, Komunikasi dan Sarana serta Pengaruhnya Terhadap Pelayanan Prima Pegawai di Kecamatan Cilegon Kota Cilegon. Jurnal Pengembangan Wiraswasta, 14 (3). pp. 287-300. ISSN 1411-710X
Text (Artikel Jurnal Nasional)
5. Artikel Jurnal JPW_Dec 2012-JAD.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan yang pertama untuk menganalisis pengaruh Kompetensi, Komunikasi dan Sarana secara simultan terhadap Pelayanan Prima Pegawai di Kecamatan Cilegon Kota Cilegon. Yang kedua untuk menganalisis pengaruh Kompetensi terhadap Pelayanan Prima Pegawai di Kecamatan Cilegon Kota Cilegon. Ketiga untuk menganalisis tentang Pengaruh Komunikasi terhadap Pelayanan Prima Pegawai di Kecamatan Cilegon Kota Cilegon. Keempat untuk menganalisis pengaruh Sarana kerja terhadap Pelayanan Prima Pegawai di kecamatan Cilegon Kota Cilegon. Adapun metode penelitian ini dengan metode Studi Kasus. Jenis penelitian ini kuantitatif, pengujian instrumen dengan uji validitas, reliabilitas. Sebelum data diolah dengan analisis parametrik dilakukan uji asumsi klasik yaitu normalitas, heterokedastisitas, dan multikolinieritas. Populasi dalam penelitian ini adalah masyarakat di kecamatan Cilegon dan sampel penelitiannya yaitu 100 orang dengan teknik Insidental Sampling. Data penelitian dikumpulkan menggunakan angket dengan jawaban tertutup dengan skala Likert 1 s/d 5. Metode analisis data dengan analisis regresi berganda dibantu pengolahannya dengan program SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1). Ada pengaruh yang positif faktor Kompetensi, Komunikasi dan Sarana kerja secara simultan terhadap Pelayanan Prima pegawai di Kecamatan Cilegon Kota Cilegon, ditunjukkan dengan persamaan regresi berganda Y = 0,334 + 0,297X1 + 0332X2 + 0298X3 dan signifikan yaitu nilai F hitung lebih besar dari nilai F tabel = 2,72. Nilai R Square/R2 sebesar 78,1 % artinya secara simultan pelayanan prima pegawai dipengaruhi ketiga variabel yaitu kompetensi, komunikasi dan sarana kerja, sisanya sebesar 21,9 % dipengaruhi oleh variabel lain. (2). Ada pengaruh positif dan signifikanfaktor Kompetensi terhadap Pelayanan Prima Pegawai, hal ini dibuktikan dengan nilai t hitung sebesar 3,653 lebih besar dari pada nilai t tabel sebesar 1,961 (3). Ada pengaruh positif dan signifikan faktor Komunikasi terhadap Pelayanan Prima Pegawai, hal ini dibuktikan dengan nilai t hitung sebesar 3,157 lebih besar daripada nilai t tabel sebesar 1,961. (4) Ada pengaruh yang positif dan signifikan faktor Sarana Kerja terhadap Pelayanan Prima Pegawai, hal ini dibuktikan dengan nilai t hitung sebesar 2,708 lebih besar dari pada nilai t tabel sebesar 1,961.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kompetensi, Komunikasi, Sarana dan Pelayanan Prima |
Subjects: | H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management |
Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Management |
Depositing User: | Jayadi . |
Date Deposited: | 07 Feb 2021 00:15 |
Last Modified: | 07 Feb 2021 00:15 |
URI: | http://repository.stieipwija.ac.id/id/eprint/542 |
Actions (login required)
View Item |