PENGARUH PEMBELAJARAN MATA KULIAH CHARACTER BUILDING(CB) SELF DEVELOPMENTTERHADAP PERILAKU MAHASISWA SASTRA CINA UNIVERSITAS BINA NUSANTARA JAKARTA

Hari Sriyanto, Penulis and Dr Anna Wulandari, Pembimbing (2012) PENGARUH PEMBELAJARAN MATA KULIAH CHARACTER BUILDING(CB) SELF DEVELOPMENTTERHADAP PERILAKU MAHASISWA SASTRA CINA UNIVERSITAS BINA NUSANTARA JAKARTA. Masters thesis, Yayasan IPWIJA.

[img] Text
HARI SRIYANTO FULL DOC.pdf

Download (2MB)

Abstract

Sejak tahun 2001, Universitas Bina Nusantara menyelenggarakan mata kuliah Character Building(CB), sebagai bentuk pembangunan karakter di lingkungan Universitas Bina Nusantara. Sehingga, lulusan Universitas Bina Nusantara tidak hanya pandai, tapijuga memiliki karakter yang baik.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mengkaji pengaruh kemampuan dalam mengenal diri sendiri, kemampuan dalam menerima diri sendiri, dan sikap secara simultan terhadap perilaku mahasiswadan untuk mengetahui dan mengkaji pengaruh kemampuan dalam mengenal diri sendiri, kemampuan dalam menerima diri sendiri, dan sikap secara parsial terhadap perilaku mahasiswa.Penelitian ini merupakan penelitian penjelasan (Explatanatory Research) yang akan membuktikan hubungan kausual antara variable-variabel bebas (independent variable) yaitu variabel mata kuliah Character Building(CB) I Self Development. Populasi dalam penelitian ini menurut jenisnya merupakan populasi yang terbatas dan menurut sifatnya merupakan populasi homogen. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Jurusan Satra ChinaUniversitas Bina Nusantara Jakarta angkatan Tahun 2010 sejumlah 85 orang.Metode analisis data yang digunakan antara lain uji instrumen data, regresi linear berganda, uji F dan uji t.Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan dalam mengenal diri sendiri, kemampuan dalam menerima diri sendiri, dan sikap berpengaruh signifikan secara simultan terhadap perilaku mahasiswa.Hal itu dibuktikan dengan nilai Fhitungsebesar 18,735 dan F probabilitassebesar 0,000. Sesuai dengan kriteria pengambilan keputusan maka Ho ditolak dan Ha diterima. Hal itu berarti secara bersama-sama variabel bebas kemampuan mengenal diri sendiri, kemampuan menerima diri sendiri, sikap secara simultan berpengaruh terhadap perilaku mahasiswa.Kemampuan dalam mengenal diri sendiri, kemampuan dalam menerima diri sendiri, dan sikap berpengaruh signifikan secara parsialterhadap perilaku mahasiswayaitu Faktor Kemampuan mengenal diri sendiri mempunyai pengaruh positif terhadap perilaku mahasiswa. Hal ini dibuktikan dengan koefisien beta (β) sebesar 0,478 dengan nilai ρ-value0,000. Karena nilai ρ-value < atau 0,000 < 0,005, maka H1diterima.Faktor kemampuan menerima diri sendiri mempunyai pengaruh positif terhadap perilaku mahasiswa. Hal ini ditunjukkan dengan koefisien beta (β) sebesar 0,096 dengan nilai ρ-value0,018. Hipotesis dua terbukti diterima karena nilai ρ-value < atau 0,018 < 0,050. Hal itu menunjukkan bahwa hipotesis yang menyatakan faktor kemampuan menerima diri sendiri berpengaruh signifikan terhadap perilaku mahasiswa diterima.Faktor sikap mempunyai pengaruh positif terhadap Perilaku mahasiswa. Hal itu dibuktikan dengan koefisien beta (β) sebesar 0,279, dengan nilai ρ-value0,004. Nilai ρ-value kurang dari 0,005 maka H3diterima. Berarti hipotesis yang menyatakan sikap berpengaruh signifikan terhadap perilaku mahasiswa diterima.Berdasarkan hasilpenelitian menunjukkan kemampuan mengenal diri sendiri, kemampuan menerima diri sendiri, dan sikap secara simultan terhadap perilaku mahasiswadan untuk mengetahui dan mengkaji pengaruh kemampuan dalam mengenal diri sendiri, kemampuan dalam menerima diri sendiri, dan sikap secara parsial terhadap perilaku mahasiswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Management
Depositing User: Mr perpustakaan stie ipwija
Date Deposited: 17 Apr 2021 04:54
Last Modified: 17 Apr 2021 04:54
URI: http://repository.stieipwija.ac.id/id/eprint/917

Actions (login required)

View Item View Item