ANALISIS PENGARUH EFEKTIVITAS IKLAN PADA MINAT BELI TEBSANALISIS PENGARUH EFEKTIVITAS IKLAN PADA MINAT BELI TEBS

Tulus Rahardjo, Penulis and Dr. Sri Lestari Prasilowati, M.A., Pembimbing (2012) ANALISIS PENGARUH EFEKTIVITAS IKLAN PADA MINAT BELI TEBSANALISIS PENGARUH EFEKTIVITAS IKLAN PADA MINAT BELI TEBS. Masters thesis, Yayasan IPWIJA.

[img] Text
TULUS RAHARDJO FULL DOC.pdf

Download (5MB)

Abstract

Dalam memilih produk, konsumen pasti memiliki persepsi tersendiri terhadap produk yang akan dibelinya. Persepsi dapat dipengaruhi oleh rangsangan primer dan sekunder. Rangsangan primer adalah rangsangan yang disebabkan oleh produk itu sendiri, sedangkan rangsangan sekunder disebabkan oleh simbol, citra dan informasi yang berkaitan dengan produk bersangkutan. Salah satu rangsangan sekunder adalah promosi barang melalui iklan. Iklan adalah sarana komunikasi penting yang tidak dapat dihindarkan dalam negara yang menganut sistem ekonomi berorientasi pasar. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Menganalisis daya tarik pesan iklan terhadap minat beli produk TEBS? (2) Menganalisis daya tarik endoser terhadap minat beli produk TEBS ?(3) Menganalisis daya tarik bahasa iklan terhadap minat beli produk TEBS?(4) Menganalisis intensitas tayangan iklan berpengaruh terhadap minat beli produk TEBS?Data yang digunakan adalah data primer dan sekunder. Data primer berupa data dari PT Sinar Sosro dan data sekunder berupa literatur berupa buku, jurnal dan skripsi. Pengumpulan data dalam penelitian dilakukan dengan melakukan eksplorasi pustaka sekunder dan riset lapangan. Metode pengolahan dan analisis data diawali dengan uji validitas dan reliabilitas dalam menguji keabsahan kuesioner yang selanjutnya digunakan untuk mengukur tingkat kesadaran merek (brand awareness) yang dinyatakan dalam Model Emphaty, Persuation, Impact and Communication (EPIC) dan Direct Rating Method (DRM). Dari strategi dan pelaksanaan kegiatan periklananproduk TEBS pada media televisi yang dilakukan terdapat tujuan untuk menciptakan kesadaran dan pengetahuan akan produk TEBS, serta menciptakan kesukaan terhadap TEBS sebagai minuman ringan bersoda dan menghasilkan preferensi terhadap TEBS serta implikasinya terhadap bentuk pembelian terhadap produk TEBS. Pengukuran efektifitas iklan dengan menggunakan Model EPIC menunjukkan hasil yang cukup efektif dan hal ini ditunjukkan juga oleh DRM yang mengindikasikan bahwa promosi yang dilakukan cukup baik. Dampak yang dihasilkan dari promosi berupa iklan TEBS pada media televisi dapat dilihat dari target audiens yang cukup menyukai iklan TEBS yang ditayangkan di televisi, sehingga stimulus yang digunakan berupa iklan yang cukup mempengaruhi audiens. Hal tersebut dapat diartikan bahwa iklan TEBS yang ditayangkan di televisi cukup mempengaruhi audiens dalam membeli dan mengunakan produk TEBS.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Management
Depositing User: Mr perpustakaan stie ipwija
Date Deposited: 20 Apr 2021 01:46
Last Modified: 20 Apr 2021 01:46
URI: http://repository.stieipwija.ac.id/id/eprint/963

Actions (login required)

View Item View Item